Haruskah kita membeli ponsel Nokia N9 ?

21 Jun 2011

nokia-n9_group_1-small1-540x540

Nokia baru saja mengumumkan keberadaan ponsel Nokia N9, sebelum Nokia merilis ponsel Windows Phone 7, ini adalah ponsel Nokia terbaru yang disebut-sebut sebagai produk masterpiece Nokia saat ini.

Nokia N9 menjadi ponsel yang paling canggih yang pernah dibuat Nokia saat ini, lihat saja sepsifikasi hardwarenya yang dijejali dengan fitur dan komponen terkini; Layar AMOLED berukuran 3,9 inci (dengan resolusi 854×480 pixel) dengan bentuk cembung yang diklaim lebih tahan terhadap goresan.

Ponsel ini juga menjadi ponsel Nokia pertama yang diotaki dengan prosesor 1GHz dan dijejali dengan RAM 1GB, body-nya terbuat dari bahan polikarbonat yang diklaim dapat membantu menerima sinyal ponsel lebih baik, memiliki kamera 8 megapiksel serta dukungan terhadap fitur NFC.

Disisi hardware jelas ponsel ini tidak memiliki masalah, masalah yang menurut saya cukup serius justru ada pada sistem operasinya, mengingat ponsel ini menggunakan MeeGO dan kita tahu bahwa MeeGo saat ini belum teruji dan namun OS ini menjadi terkesan kuno dan boleh dibilang “layu sebelum berkembang”, paling tidak itulah opni yang sayang tangkap terhadap MeeGo mengingat jauh sebelum ponsel Nokia N9 dirilis, Nokia telah meninggalkan MeeGo dan memilih Windows Phone 7 sebagai sistem operasi utama untuk produk ponsel mereka.

Kurangnya publikasi MeeGo oleh Nokia menjadikan saya berpendapat seperti ini dan semoga saya keliru. Karena Nokia telah mengembangkan MeeGo dengan tujuan untuk bisa bersaing dengan sistem operasi yang saat ini tengah membumi, yakni iOS dan Android. Mampu-kah Nokia untuk bersaing dengan kedua OS tersebut? Terlalu dini untuk diambil kesimpulan karena kita harus melihat bagaimana reaksi pasar terhadap MeeGo setelah kemunculan ponsel Nokia N9 ini.

Awal tahun 2011 ini Nokia telah melakukan sebuah tidakan yang cukup menghebohkan karena melakukan kerjasama jangka panjang dengan Microsoft untuk menggunakan sistem operasi Windows Phone sebagai sistem operasi utama pada perangkat ponsel Nokia masa depan, saat itu Nokia telah mengumumkan bahwa sistem operasi Symbian yang sebelumnya diusung Nokia sejak lama akan ditinggalkan dna menjadi sistem oprasi waralaba dan sistem operasi MeeGo yang saat itu belum dirilis resmi akan menjadi sistem operasi open source.

Kehadiran Nokia N9 yang menggunakan sistem operasi MeeGo tentu membuat sebagian orang bertanya-tanya, strategi apa pula yang dilakukan Nokia dengan ponsel N9?, sementara kita tahu bahwa ponsel Nokia Windows Phone dikabarkan akan dirilis akhir tahun ini, sehingga lebih baik bagi kita untuk menunggu kehadiran ponsel Nokia Windows Phone ketimbang membeli Nokia N9 yang menggunakan OS MeeGO.

Namun tentu ini hanyalah opini pribadi saya, semuanya tergantung pada Anda. Karena bisa jadi ini adalah sebuah titik awal dari kemajuan sistem operasi MeeGo. Bravo untuk Nokia yang telah berani mengambil langkah ini.[Q]


TAGS opini gadget ponsel


-

Author

Follow Me