Istilah Jailbreak pada perangkat Apple

18 Feb 2011

Ada banyak pertanyaan yang dilontarkan mengenai “jailbreak”, beberapa teman saya bertanya mengenai istilah Jailbreak ini, dan bagaimana cara melakukannya, untuk itu melalui tulisan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai “jailbreak” ini.Jailbreak menurut pengertian saya adalah sebuah usaha untuk membuat perangkat iDevice (iPhone, iPod Touch dan iPad yang menggunakan sistem operasi iOS buatan Apple) menjadi lebih bebas dimodifikasi dengan menghilangkan segala macam keterbatasan yang ada dalam perangkat tersebut. Seperti kita ketahui bahwa proses jailbreak ini akan memberikan beberapa keuntungan kepada pengguna

Dengan melakukan Jailbreak pada perangkat iDevice, selanjutnya kita akan bisa menambah aplikasi dan mengubah tampilan dari perangkat tersebut agar lebih menarik. Karena saat ini ada beberapa aplikasi dan fitur menarik yang hanya bisa dipasang pada perangkat iDevice hanya jika perangkat tersebut telah di-jailbreak.

Namun jangan salah, bahwa proses Jailbreak juga bisa berakibat buruk terhadap perangkat iDevice yang kita gunakan, satu hal yang pasti adalah bahwa proses jailbreak akan menghilangkan masa garansi dari perangkat iOS yang Anda beli, hal terburuknya adalah tidak berfungsinya sama sekali perangkat iOS Anda sehingga tidak dapat digunakan sama sekali.

Namun jangan terlalu cemas, karena jika terjadi masalah saat melakukan jailbreak, beberapa orang (biasanya dari komunitas atau milis) akan dapat memperbaiki masalah tersebut dan mengembalikan perangkat pada keadaan default atau yang sering disebut juga dengan factory setting, keadaan dimana perangkat tersebut kembali pada saat system dalam keadaan standar seperti aslinya.

Jadi, buat Anda yang ingin melakukan jailbreak, jangan malas untuk membaca dan mempelajari terlebih dahulu proses jailbreak secara detail dan cermat. Rajin-rajin membaca referensi dari berbagai situs dan komunitas yang ada, jangan malu untuk bertanya dan pastikan bahwa baterai pada perangkat Anda cukup… Happy jailbreaking!!…


TAGS gadget Artikel Apple


-

Author

Follow Me