FS dan FB sebagai sarana untuk memfitnah ???

9 Feb 2009

Di tengah era kemajuan teknologi dan informasi, keberadaan Internet bukanlah suatu yang asing lagi, bahkan ketika para pengguna Internet banyak memanfaatkan fasilitas jejaring sosial di Internet, mereka kini bisa dengan mudahnya berhubungan dengan siapa saja yang berada dimana saja untuk bisa berhubungan dan saling bertukar informasi dan foto serta data pribadi lainnya di Internet.

Namun, pernahkan kita memikirkan dampak negatif dari aplikasi ini untuk memfitnah seseorang misalnya. Agar lebih jelas mari kita ilustrasikan saja sebagai berikut :

Anda berteman dengan seorang di FaceBook atau Friendster, lalu Anda download foto dan data-datanya, tentunya anda bisa saja mengumpulkan lebih banyak data teman anda dengan cara chatting atau melalui pesan instan yang disediakan oleh fasilitas di situs jejaring sosial tersebut.

lalu Anda membuat halaman FB atau FS palsu dari teman anda tersebut lengkap dengan foto dan profilnya. Selanjut buatlah blog yang berisi ancaman, atau rencana kegiatan jahat atau apa saja, lalu undanglah teman-teman ‘korban’ Anda dan tentunya akan menerima undangannya karena mereka berfikir bahwa itu adalah memang temannya yang mereka kenal.

Tidak cukup sampai disitu, Anda bisa saja membuat seolah-olah ‘korban’ Anda benar-benar memiliki niat jahat lain dengan menuliskan daftar kegiatan yang akan dilakukan dan calon korban lain yang akan diserang.

Walau tulisan di atas hanyalah sebuah ilustrasi, tapi kemungkinan itu bisa saja terjadi, terlebih ketika mereka yang selalu mengungkapkan jati dirinya di Internet baik melalui situs jejaring sosial, mailing list atau forum.

Maka berhati-hati lah….


TAGS internet blogging


-

Author

Follow Me