JDarkRoom Text Editor

10 Nov 2008

Pernahkah Anda merasa “terganggu” ketika bekerja dengan komputer karena adanya notifikasi dari beberapa program tertentu seperti Gmail Notifier, Pop-up yang muncul dari salah satu teman chatting messenger atau permintaan update dari sebuah Anti Virus?, sehingga ketika anda bekerja menjadi tidak fokus dan waktu menjadi terbuang percuma karena “godaan” untuk bermain-main lebih besar daripada bekerja atau perhatian jadi teralih karena notifikasi tadi. Maka JDarkRooom adalah jawabannya. :D

JDarkRoom adalah salah satu text editor yang sangat sederhana, dibuat dengan basis aplikasi Java, karena itu untuk menjalankan aplikasi ini pada komputer kita harus sudah dilengkapi dengan aplikasi Java RunTime Environment.

Adapun kelebihan JDarkRoom ini adalah kesederhanaan tampilannya yang memang sangat minimalis, dibuat untuk mereka yang sering tidak fokus saat bekerja dengan komputer dengan banyaknya tampilan yang mengundang perhatian, karena itu aplikasi JDarkRoom ini dibuat sangat minimalis, tidak ada tampilan lain yang muncul ketika aplikasi ini dijalankan, yang muncul di layar hanyalah tulisan yang sedang kita edit dengan latar belakang warna hitam.

Jenis dan warna serta ukuran tulisan bisa kita ubah dengan merubah nilai-nilai opsional yang disediakan pada menu options yang bisa diakses dengan menekan tombol fungsi F6 pada keyboard, sementara perintah-perintah pengeditan pengolah kata standar seperti penyimpanan file dan pembatalan perintah terakhir sama dengan yang dimiliki oleh aplikasi Windows pada umumnya. Untuk menyimpan file tinggal tekan Ctrl+S atau F2, untuk membatalkan perintah terakhir (Undo) tekan Ctrl+Z dan untuk mengembalikan pembatalan perintah terakhir bisa dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+Y (Redo).

Jangan takut kita lupa dengan perintah-perintah keyboard tadi, karena JDarkRoom sudah menyediakan halaman bantuan jika kita lupa dengan perintah-perintah yang ada, halaman bantuan tersebut bisa diakses dengan menekan tombol F5 atau menekan tombol Ctrl+H untuk membuka halaman Help.

Bagi Anda yang tertarik dengan aplikasi JDarkRoom ini bisa diunduh di situs http://www.codealchemists.com/jdarkroom/index.php namun jangan lupa untuk meninstal aplikasi Java Runtime Envitonment versi terbaru jika dalam komputer Anda tidak tersedia aplikasi Java. Untuk aplikasi Java-nya bisa di unduh di situs http://java.com/getjava.

Sebenarnya aplikasi JDarkRoom itu sendiri dibuat karena inspirasi dari sebuah aplikasi sejenis yang bernama DarkRoom yang khusus dibuat untuk lingkungan Macintosh, mengingat banyaknya animasi dan notifikasi yang membuat teralihnya perhatian saat kita bekerja di komputer maka terciptalah aplikasi ini.[Q]


TAGS


-

Author

Follow Me