iPhone dan Push Mail

21 Jun 2008

Baru-baru ini Apple telah merilis produk barunya, iPhone generasi kedua dimana ponsel ini berbentuk mirip dengan iPhone generasi pertama namun diberi penambahan fungsi dan perbaikan disana-sini.

Jika sebelumnya iPhone banyak di crack sehingga bisa digunakan oleh operator selain AT&T, bahkan di Indonesia iPhone generasi pertama hasil crack bisa ditemui dibeberapa toko. Kini dengan metode pemasaran dan regulasi yang berbeda Apple telah bekerja sama dengan AT&T yang telah meberikan subsidi silang sehingga harga iPhone generasi pertama berharga jauh lebih murah dari harga seharusnya, yakni hanya $199 padahal seharusnya berharga diatas $600.

Disini saya tidak akan membahas kelebihan apa saja yang dimiliki oleh iPhone generasi kedua ini, namun ada fitur menarik yang menarik perhatian saya yakni adanya fasilitas Push Mail yang akan dijejalkan pada perangkat ini.

Seperti kita tahu bahwa fasilitas Push Mail ini sebelumnya hanya dimiliki oleh handset BlackBerry saja, dimana dengan adanya fitur ini sebuah e-mail bisa diterima layaknya sebuah SMS dan kita tidak harus membuka e-mail untuk memeriksa apakah ada e-mail masuk atau tidak, karena handset kita akan berbunyi jika ada e-mail yang masuk.

Kembali ke soal iPhone, produk ini begitu fenomenal karena sistem interface yang dimilikinya begitu intuitif, proses input dan operasional iPhone sepenuhnya dengan layar sentuh menggunakan jari kita. Namun ini menjadi persoalan lain jika kita hendak menulis e-mail atau artikel yang panjang. Walau jika dilihat sekilas ini hanyalah soal kebiasaan namun sebagian besar dari kita tentu kurang puas jika mengetik tanpa ada respon dari sebuah tombol.

Saya yakin, jika Anda seorang pengguna e-mail kelas berat (hard user) tidak akan menggunakan iPhone sebagai perangkat utama pengirim e-mail, terlebih jika anda seorang penulis, blogger, wartawan atau jurnalis..

Bukan berarti iPhone adalah produk yang jelek, justru sebaliknya iPhone lebih ditujukan sebagai ponsel style yang penuh dengan nuansa futurustik, beberapa produsen ponsel bahkan meniru interface iPhone, Microsoft bahkan telah memproduksi Windows Mobile 7 yang memiliki interface yang 80% operasional menggunakan touch screen dengan jari.

Akankah iPhone berhasil menyaingi BlackBerry dalam memberikan fungsi Push Mail?, kita lihat saja….


TAGS


-

Author

Follow Me