Manisnya BlackBerry

20 May 2008

BlackBerry 8700g

Sejak saya mencoba Push Mail di Nokia E61 dengan menggunakan aplikasi Seven, rasa penasaran saya terhadap aplikasi Push Mail sungguhan yang diberikan BlackBerry justru semakin menjadi-jadi, karena itu saya mencoba untuk menggunakan layanan Push Mail melalui Matrix BIS yang saya pasang pada handset BlackBerry 8700g.

Sebenarnya saya sudah lama menginginkan handset type ini, karena bentuknya yang terkesan gagah dan kokoh juga tampilan qwerty keyboardnya yang menjadikan BlackBerry 8700 ini terkesan angker. Terlebih bentuk speaker bagian belakang yang sekilas mirip logo transformer hehehe.

BlackBerry 8700 sebenarnya memiliki banyak versi terkait dengan operator yang disandangnya, namun perbedaan yang paling mencolok terlihat pada type 8700g dan 8700c dimana tampilan depan dan belakang memang dibuat berbeda, terutama pada bagian depan face flat dan tombol call dan end, juga bentuk speaker yang terletak di belakang.

Saya sendiri menggunakan 8700g karena bentuknya yang terkesan kokoh membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama, dan itu pula yang dilontarkan oleh beberapa orang yang melihat bentuk BlackBerry 8700 ini yang memang terkesan kokoh.

Awalnya BlackBerry 8700 saya berisi OS 4.1, namun berkat bantuan Kang Fanny Pramana, OS saya ditingkatkan menjadi versi 4.2, perpindahan OS ini sungguh membuat perubahan besar dalam hal tampilan dan juga adanya penambahan fitur, terutama dalam penanganan file suara. Jika pada OS 4.1 saya tidak bisa mengetahui inbox mana yang baru saja memberikan notifikasi adanya e-mail baru, pada OS 4.2 inbox yang memiliki mail baru akan ditandai dengan bintang berwarna merah.

Kualitas suara yang dimiliki handset ini sangat bagus, terlebih fungsi speakerphone yang terletak dibelakang cukup keras sehingga saya bisa menggunakannya jika saya berada dalam situasi yang ramai. Proses memasukkan file musik dan foto begitu mudah berkat bantuan Roxio for BlackBerry, aplikasi Desktop Manager versi 4.3 yang saya instalkan sungguh sangat mempermudah proses instalasi program-program kedalam handset BlackBerry.

Beberapa pengguna mungkin kurang puas dengan browser yang dimiliki BlackBerry yang terkesan oldiest namun beruntunglah karena saat ini Opera Mini sudah mengeluarkan versi final untuk versi 4.1 sehingga dengan aplikasi Browser Opera 4.1 ini browsing di handser BlackBerry tidak kalah seru dengan browsing melalui PC atau handset lain.

Perlu diperhatikan bahwa Opera menggunakan Akses poin operator untuk mengakses data sehingga mungkin kita akan dikenakan biaya GPRS sesuai dengan data yang kita pakai, sementara browser bawaan BlackBerry menggunakan akses point BlackBerry yang untuk sebagian operator, akses melalui jalur BlackBerry tidak dibatasi alias unlimited.

Kestabilan BlackBerry ini sudah saya coba ketika saya mencoba untuk menjadikan handset ini sebagai modem ke PC, sementara Push Mail berjalan, aplikasi Yahoo Messenger aktif dan browsing dilakukan melalui handset, proses browsing di PC dan di handset dilakukan secara bersamaan tapi data tetap berjalan dan tidak ada gangguan sama sekali.

Intinya, secara hardware, handset ini sungguh sangat stabil, selama saya menggunakannya tidak pernah ada hang, restart atau gangguan lain, dan untuk sementara ini saya cukup puas dengan BlackBerry 8700 ini. [Q]

*Ini adalah pendapat pribadi*


TAGS


-

Author

Follow Me