Opera Mini 4.1 Beta

14 Apr 2008

Tampaknya Opera tidak main-main dalam menelurkan sebuah browser khusus perangkat mobile ini, perbaikan yang ada pada versi 4.1 ini cukup membawa perubahan besar bagi kita dalam mengakses Internet melalui perangkat mobile, entah itu ponsel, PDA maupun SmartPhone.

Beberapa perbaikan yang ada pada versi 4.1 ini adalah:

  • Akses lebih cepat terhadap situs yang kita tampilkan, peningkatan kecepatannya hampir mencapai 50%.
  • Adanya fasilitas Save Page (Penyimpanan halaman), untuk selanjutnya kita dapat membuka kembali halaman yang telah disimpan dan dibaca secara offline.
  • Adanya kemampuan untuk meng-upload dan men-download file, jika pada versi sebelumnya kita hendak men-download sebuah file, maka Opera akan membuka aplikasi Web dan mendownload filenya dari sana. Kini pada versi terbaru ini, download bisa langsung dilakukan tanpa membuka aplikasi lain, selanjutnya Opera akan meminta kita membuka lokasi folder dari media penyimpanan yang ada. Demikian juga pada fungsi upload, ini sangat memudahkan bagi saya untuk mengirimkan gambar pada halaman blog yang saya buat.
  • Fasilitas Auto complete pada address bar memungkinkan kita untuk menghemat waktu dan ingatan jika kita hendak memasukkan alamat web yang sering kita kunjungi.
  • Find in Page adalah sebuaf fungsi pencarian kata atau kalimat dari sebuah halaman situs yang sedang kita tampilkan.

Opera Mini Zoom view Opera Mini View

Selain fitur-fitur baru diatas, tentu masih banyak fitur lainnya yang tidak kalah intuitif, seperti Zoom, Mobile View, Landscape View dan proses kompresi data yang cukup signifikan. Untuk yang terakhir ini, saya pernah mencoba membuka satu buah situs dengan browser Web bawaan Nokia dan Opera, hasilnya; Opera hanya menggunakan sedikit data untuk menampilkan situs tersebut secara utuh sementara aplikasi Web memakan lebih banyak data untuk menampilkannya secara utuh.

Walaupun begitu, bukan berarti aplikasi Opera tidak memiliki kekurangan, aplikasi ini terkesan terlalu banyak memakan resource sehingga, proses memanggil dan menutupnya menjadi terasa begitu lambat, kekurangan lain yang cukup mengganggu bagi saya adalah ketika kita hendak meng-input teks, layar akan masuk ke tampilan mirip Notes dan menghilankan tampilan situs, ini sedikit menyulitkan ketika kita hendak memasukkan kode verifikasi yang terdiri dari gabungan angka dan huruf sehingga kita harus mengingatnya sebelum memasukkan karakter tersebut.

Tapi walau bagaimanapun, ini sebuah aplikasi inovatif yang bisa kita dapatkan secara gratis disitus Opera Mini dan bisa dipastikan bahwa Opera akan terus mengembangkan produknya agar lebih sempurna, kita tunggu saja.[Q]


TAGS


-

Author

Follow Me