Nokia E61 dan Holux M-1000

26 Mar 2008

Holux M-1000

Holux M-1000 adalah salah satu merk penerima sinyal GPS untuk disandingkan dengan PDA atau SmartPhone, dengan menggunakan koneksi bluetooth, alat ini bisa dipasangkan (pairing) dengan Nokia E61 saya, terlebih karena secara default Nokia E61 memiliki fungsi Navigator, Position dan Landmark.

Itu merupakan aplikasi untuk menentukan arah (kompas digital), mengetahui koordinat tempat kita berada dan menyimpan tempat-tempat favorit untuk selanjutnya dapat kita jadikan acuan tujuan perjalanan kita.

Dengan aplikasi Navigator (dan Holux M1000 tentunya) saya mencoba untuk mencari suatu lokasi, saya mencoba bertolak dari daerah Setiabudi (Geger Kalong) ke Bandung Super Mall, sebelumnya saya meminta koordinat kepada teman saya dan saya memerintahkan aplikasi Navigator untuk menuju koordinat tersebut, sesaat dilayar Navigator menunjukan sebuah kompas dengan titik merah yang harus saya ikuti.

O iya, aplikasi Navigator ini bukanlah aplikasi GPS yang penuh dengan grafis layaknya aplikasi Navigator dalam ponsel ber-GPS, ini hanyalah sebuah kompas digital yang digambarkan dengan sebuah lingkaran dengan 4 (empat) arah mata angin yang selalu bergerak sesuai pergerakan kita. Ini tentu berbeda dengan aplikasi Navigator yang dimiliki Nokia 6110 Navigator, walau Nokia 6110 ini juga memiliki aplikasi Navigator (Kompas digital) sederhana yang saya maksud diatas.

Berjalan dengan bantuan Navigator di E61 sungguh memerlukan konsentrasi dan membutuhkan sedikit logika, karena jalanan Bandung yang banyak menggunakan satu jalur, dan terlebih Navigator hanya menunjukan titik merah sebagai acuan tujuan kita serta jarak tempuh ke tujuan. Sehingga tampilan ini cukup membosankan dan membuat kita sedikit harus bekerja keras menyesuaikan jalur dihadapan. Aplikasi ini sesungguhnya cukup canggih dan bisa sangat membantu jika kita berada di tengah laut atau hutan, namun jika dipakai di jalanan Bandung rasanya kurang tepat, karena untuk kebutuhan dalam kota ada aplikasi yang lebih user friendly yakni Garmin Mobile XT.

Garmin Mobile XT + City Navigator

Beruntunglah saya bergabung milis id-gps karena disana ada banyak teman-teman yang willing to help, diantaranya ada Pak Indera Racing yang telah meminjamkan saya Holux M1000 untuk saya coba, Pak Gunaris (www.otomasi.com) yang meminjamkan peta original Garmin City Navigator untuk daerah Jawa Bali, Pak Sonny Wibawa yang memberi saya aplikasi Garmin Mobile XT + Peta dan anggota milis lain yang kerap saya berondong dengan pertanyaan newbie dari saya. Sehingga dalam beberapa hari saja saya sudah bisa menggunakan dan mengoptimalkan fungsi GPS di Nokia E61 saya.

Awalnya microSD yang berisi peta Jawa Bali City Navigator itu tidak mau membuka aplikasi Garmin Mobile XT nya namun saya coba mencari aplikasi .sis installernya secara manual dengan aplikasi X-Plorer sehingga akhirnya icon Garmin Moble XT bisa muncul.

Saya langsung menghidupkan Holux M1000 GPS dan sesaat aplikasi Garmin Mobile XT (GMXT) bisa tersambung dengan Holux GPS melalui bluetooth setelah berhasil melakukan pairng dan memasukkan angka 0000 (nol empat kali) sebagai kode pairingnya.

Sesaat, layar E61 saya menunjukan jalur jalan dan posisi dimana saya berada saat itu, saya mencoba untuk mempelajari semua fungsi tombol dan menunya, selanjutnya mencoba menetukan tujuan dengan memilik menu ‘Where To‘ saya arahkan ke hotel dan restoran terdekat, dan wooow saya seakan dipandu untuk berbelok untuk menuju restoran yang saya pilih, saya coba mengendarai motor saya dan icon warna biru yang ada di layar ikut berjalan menyusri jalan virtual yang tampil pada layar mengikuti kemana saya berjalan, saya sengaja berbelok ke arah yang salah dan sesaat dilayar muncul tanda panah yang menyuruh saya untuk berbalik dan jika saya terus melaju di jalur yang salah, GMXT melakukan kembali kalkulasi rute untuk menemukan jalur alternatif. Sungguh intuitif, terlebih ketika GMXT memiliki fungsi ‘Speak’ sehingga saya cukup mendengarkan ‘perintahnya’ melalui suara.

Garmin Mobile XT

Akurasinya sungguh mantap, bahkan speedometer yang ada dalam aplikasi GMXT sungguh sangat akurat, ketika saya berjalan memacu motor saya, speedometer yang ada di layar GMXT ikut berubah sesuai kecepatan sesungguhnya. Ini adalah kali pertama saya menggunakan GPS, jadi terkadang saya masih sedikit kaget dengan kecanggihannya dan juga memahami fungsi dari setiap menunya.[Q]


TAGS


-

Author

Follow Me