Nokia E61 and Me

27 Feb 2008

Sejak aplikasi VericChat yang terpasang pada Palm Tungsten|W saya tidak bisa terhubung dengan server chatting Yahoo Messenger, saya mencoba untuk mencari gadget pengganti yang bisa memenuhi kebutuhan saya untuk bisa selalu Online di YM. Terlebih kekurangan Tungsten W yang tidak bisa menangani fungsi Push Mail membuat saya semakin yakin untuk berpindah mencari gadget yang tepat untuk saya.

Sampai akhirnya pilihan saya jatuh pada Nokia E61, sebuah gadget yang bisa memenuhi saya untuk semua kebutuhan Online saya, Chatting, Browsing, Push e-Mail dan telepon serta SMS tentunya. Tombol QWERTY kibor yang terpasang dibawah layar lebarnya membuat saya tidak terlalu kesulitan untuk menyesuiakan, karena memang setelah menggunakan Palm Tungsten W dalam waktu lama, rasanya penggunaan QWERTY keyboard seakan menjadi suatu keharusan, terlebih ketika saya sering menulis e-mail, membuat laporan dan juga chatting.

Aplikasi SEVEN Push yang saya dapatkan secara gratis dari situs www.seven.com merupakan aplikasi handal yang bisa menanngani kebutuhan saya dalam menerima e-mail secara Push layaknya perangkat BlackBerry, denganya saya merasa selalu dekat dengan rekan, kolega karena saya tidak pernah melewatkan e-mail yang datang pada jam 3 pagi.

Saat ini ada beberapa aplikasi yang terpasang pada Nokia E61 saya, seperti:

  1. Seven Push Mail Beta, aplikasi untuk menerima e-mail secara Push
  2. Collins, Dictionary dan MSDict, 3 buah aplikasi kamus ini sengaja saya pasang untuk membantu saya membuat artikel atau laporan.
  3. Putty, aplikasi yang dapat meremote komputer server.
  4. Opera Mini 4, browser Internet handal untuk pengguna Mobile Internet.
  5. WorldMate, aplikasi ini kerap saya gunakan jika saya bepergian ke luar negeri, konversi mata uang dan prakiraan cuacanya sangat membatu jika saya menginginkan informasi kurs dan cuaca dengan segera.
  6. eBuddy, AgileMessenger dan Slick adalah aplikasi client Messenger yang saya gunakan, namun saat ini saya sering menggunakan Slick mengingat aplikasi ini masih gratis dan dapat measang custom status.
  7. emTube, aplikasi kecil ini bisa mencari dan mengambil film-film dari YouTube untuk selanjutnya disimpan dan diputar ulang.
  8. MobiSpine adalah aplikasi RSS Reader yang cukup cepat dan sederhana.
  9. CorePlayer, aplikasi pemutar file .mpg selain dapat juga memainkan file .3gp
  10. YahooGo, paling sering saya gunakan untuk mencari peta dan berita ketimbang fungsi e-mailnya.
  11. X-plore, aplikasi file manager yang dapat menampilkan file system yang tersembunyi.
  12. Google Maps, aplikasi ini tidak kalah dengan Google maps versi PC, saya dapat melihat atap rumah saya dan juga jalur jalan di seluruh dunia.
  13. AudioNotes, aplikasi perekam suara yang bisa menggunakan seluruh kapasitas Memory karena durasi perekam tidak dibatasi waktu seperti halnya aplikasi perekam bawaanNokia.

Selain itu, Nokia E61 memiliki aplikasi bawaan yang juga tidak kalah canggih, sehubungan dengan kemampuannya mengakses WiFi, Bluetooth dan juga Infrared, serta didukung oleh jaringan 3G khusus data, smartphone ini kerap saya gunakan sebagai modem ke laptop. Aplikasi Office nya cukup kompatible dengan aplikasi Office di PC atau laptop sehingga saya dapat menulis laporan secara langsung dengan segera tanpa harus menunggu waktu booting.

Salah satu kekurangan E61 adalah tidak adanya fungsi kamera, namun hal ini tidak begitu mempengaruhi kebutuhan utama saya, karena saya kerap menggunakan kamera digital untuk bisa mendapatkan gambar yang lebih sempurna.[Q]


TAGS


-

Author

Follow Me